Kamis, 04 September 2014

Unsur-unsur Fotografi

Suatu karya fotografi harus diapresiasi dengan cara dideskripsikan dengan unsur-unsur yang terkandung didalamnya, antara lain :

1.  Obyek foto (Subject Matter): orang, benda,tempat atau kejadian yang ada didalam foto
tersebut, serta menyebutkan karakter obyek-obyek tersebut. Misal : gedung tinggi yang monumental, anak-anak yang sedang berlari riang gembira, dll.

2.  Bentuk dan teknik (Form) :
  • Unsur-unsur yang  menyusun, mengatur  dan membangun foto yaitu  titik, garis, bidang, bentuk, warna, cahaya, tekstur, massa, ruang dan volume.
  • Deskripsi tinjauan pada : rentang nada warna/hitam-putih, kontras objek, kontras kertas, format film, sudut pandang, jarak objek, lensa yang dipakai, pembingkaian, ruang tajam, tingkat ketajaman folus, ketajaman butiran, dsb.
  • Menggunakan  prinsip-prinsip  desain  seperti  skala,  proporsi,  kesatuan  dalam keragaman, keseimbangan, arah gaya dan penekanan.
3.  Media  (Medium)  :  Deskripsi  media  dapat  mencakup  unsur  teknis  seperi  unsur penyinaran,  alat  bantu  penyinaran,  alat  bantu  pemotretan,  dsb.  Mencakup  semua aspek yang turut membangun terciptanya ekspresi si seniman pada karya foto serta dampak yang timbul bagi pelihatnya.

4.  Gaya (Style) : adalah menyangkut spirit jaman, gerakan seni, periode waktu, dan faktor geografi yang mempengaruhi seniman dalam membuat karya foto, yang bisa dikenali dari karya foto, teknis pemotretan dan media foto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar