Selasa, 07 Oktober 2014

PERFECT EXPOSURE

Kalau anda bertanya "Seharusnya exposure saya gimana sih?" yah gampang jawabnya, "Exposure anda harus bener!" Nah, exposure  bisa di golongkan kepada 3 nama, yang saling erat hubungannya, mereka adalah:
  1. Aperture= bukaan diafragma lensa biasanya dalam ukuran f/2.8, f/5.6 dan seterusnya?
  2. Shutter Speed= bukaan berapa lama film menerima cahaya sewaktu diafragma di buka; dalam ukuran 2s, 1/250s ,1/500s, dan seterusnya (s = seconds, detik)
  3. ISO, Speed of the film= internasional standard untuk sensitifnya film. contoh: ISO 400 lebih sensitif daripada ISO 200, ISO 200 lebih sensitif daripada ISO 100, dan seterusnya.
Aperture Priority, Shutter Priority, Automatic semua manual? kan lebih asik automatic?

"Ok, bukann set aja ke P?(Automatic atau Program Mode) terus tinggal jepret aja kan semuanya sudah di atur otomatis, nah terus mengapa harus ngerti 3 bahasa aneh di atas?". Nah kalo anda sudah puas sama? P (Automatic atau Program Mode) exposure setting camera anda, dengan pengertian yang mendalam dan tentunya experiment antara 3 nama di atas, anda pasti lebih mendapatkan exposure yang lebih baik atau lebih banyak kesempatan anda akan mendapatkan exposure yang sempurna. Bukankah lebih baik untuk mempelajari Manual?

Nah sekarang coba lihat di viewfinder (kotak kecil yang anda lihat di camera untuk motret) di sana pasti ada : +'''''0'''''''- ? Nah jika anda memutar control dial di camera anda, tanda panah akan bergeser sesuai dengan yang anda hendaki, jika anda mutar ke kanan, panahnya ke kanan, kalo ke kiri ya panahnya ke kiri. Biasanya kalau ke kiri valuenya semakin besar atao ke positif kalo ke kiri valuenya semakin kecil dan ke arah negatif.

contoh foto yang dihasilkan:





Tidak ada komentar:

Posting Komentar